Berburu Karir Di Akhir Pekan

Label:

Menjelang akhir pekan, biasanya anda lebih santai. Punya banyak waktu untuk jalan-jalan, menyalurkan hobi, termasuk membaca koran. Nah, di akhir pekan umumnya iklan lowongan kerja ‘bertaburan’ di koran. Aha…tertarik untuk berburu pekerjaan baru atau memang sedang mencari kerja setelah lulus sekolah?Ada baiknya anda mencermati iklan lowongan kerja yang anda baca dengan teliti. Sebab, banyak lho mereka yang melamar kerja lalu mengeluh setelah menjalani wawancara. “Kok gajinya rendah ya? padahal jabatannya keren.” Atau “Itu kerja atau rodi, kok harus siap kapan saja? Kapan dong waktu saya untuk istirahat?”Seperti juga anda yang ‘menjual’ diri anda sebaik-baiknya ketika berhadapan dengan pewawancara di sebuah perusahaan, maka begitu jugalah sebaliknya. Perusahaan yang beriklan di media massa umumnya selalu berusaha menampilkan citranya sebaik mungkin, misalnya dengan tampilan iklan yang eksklusif menggunakan huruf yang bagus, bahasa Inggris… dan kata-kata yang muluk.
Tak jarang, kita terlanjur berkhayal yang muluk tentang perusahaan yang kita lamar, saking eksklusifnya iklan perusahaan itu di media massa. Padahal setelah dijajaki, banyak juga perusahaan bermasalah karena ternyata gajinya rendah, waktu kerjanya tak manusiawi, posisi yang ditawarkan tak seimbang dengan kemampuan kita dan sebagainya. Nah, berikut ini beberapa kata-kata ‘bersayap’ yang kerap muncul dalam iklan lowongan kerja yang ada baiknya kita cermati, sebelum menyesal di kemudian hari.
- Great opportunity. Pekerjaan yang ditawarkan perusahaan ini biasanya penuh tantangan tetapi gajinya rendah. Mereka biasanya mengutamakan calon karyawan yang belum berpengalaman agar tidak harus memberikan gaji yang tinggi. Jika anda hanya ingin mengejar pengalaman pernah bekerja untuk dijadikan referensi di kemudian hari, tak apalah menjalani pekerjaan yang kategorinya seperti ini untuk sementara waktu. Yang masuk dalam kategori ini misalnya sales, interviewer untuk perusahaan riset produk, marketing atau pialang saham.
- Varied responsibilities. Kategori ini biasanya menawarkan pekerjaan di bidang-bidang yang umum. Tetapi, pekerjaan ini justru menuntut kesigapan anda melakukan segala hal yang diberikan atasan anda. Selain itu, anda juga secara tak tertulis diwajibkan siap sedia kapan dan dimana saja diperlukan oleh atasan anda. Kategori ini biasnya menawarkan posisi staf umum atau staf administrasi.
- Valuable management-training position. Posisi ini umumnya ditujukan untuk segala lini pendidikan. Anda tidak perlu harus sarjana untuk mengajukan lamaran. Perusahaan ini biasanya akan melakukan training dan melihat kemampuan anda sesudahnya. Seringkali juga dicantumkan kata-kata no need experience. Faktor kerja keras, kesungguhan dan keberuntungan menjadi hal-hal yang seringkali lebih berperan dalam posisi-posisi seperti ini. Receptionist, waiter, sales, penerima tamu di kafe adalah beberapa lowongan yang masuk kategori ini.
- High energy environment. Kalau anda punya semangat yang tinggi, jiwa petualang, mungkin inilah posisi yang cocok untuk anda. Perusahaan ini mencari orang yang tangguh untuk menjalani pekerjaan yang padat jadwal, menyita waktu, pikiran dan tenaga. Anda yang mudah stress, tidak cekatan dan tidak sabaran lebih baik tidak melamar di posisi ini. Yang masuk dalam kategori ini diantaranya wartawan, guide tourism, instruktur olahraga, sales, marketing dan, talent (pencari bakat).
-An investment on your future. Kalau anda ingin pekerjaaan yang tidak mengikat, ini adalah posisi yang bisa dipertimbangkan. Pekerjaan yang ini biasanya menyiapkan sistem penggajian berdasarkan prestasi yang orientasinya lebih ke penjualan, bisa dijalani secara paruh waktu (part-time) atau permanen.
Perusahaan-perusahaan multi level marketing atau riset produk, masuk dalam kategori ini.
- Experience is a must. Perusahan-perusahaan bertaraf nasional ataupun internasional yang reputasinya sudah bagus dan dikenal luas, biasanya mengutamakan calon karyawan yang sudah berpengalaman di bidangnya. Dengan persyaratan yang ketat seperti itu, mereka juga berani membayar anda dengan gaji yang tinggi dan fasilitas yang baik. Kepala sekolah, direktur, manager, kepala bagian, staf khusus di suatu divisi, pemimpin redaksi, redaktur bidang di suatu media massa, manager public relations, manager keuaangan, staf analist kimia, staf keuangan, sekretaris direktur, instruktur fitness adalah beberapa contoh posisi yang masuk dalam kategori ini.
- Planning and coordinating. Perusahaan ini biasanya mencari orang-orang yang disiplin, menghargai waktu dan punya jiwa kepemimpinan untuk mengisi posisi yang ditawarkan. Pekerjaan ini lebih mengarah pada penyusunan beragam jadwal yang berhubungan dengan orang lain. Mereka yang punya latar belakang organisasi ketika kuliah seringkali lebih disukai, dengan atau tanpa pengalaman. Yang masuk dalam kategori ini diantaranya adalah manager planning, sekretaris, marketing promotions atau public relations.(Lily Bertha Kartika/berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 
hiburan digital © 2010 | Designed by Wordpresstoblogger.info