Bertualang Mencari Kerja

Label:

Kenyataan yang paling sederhana adalah menurut Anda hampir semua pekerjaan terlihat baik, sehingga Anda tidak tahu apa yang Anda cari. Jika tidak tahu kemana Anda pergi, bagaimana mungkin Anda bisa menilai hal yang baik bagi Anda?Untuk membuat keputusan yang baik, kita membutuhkan informasi yang tepat. Nah, informasi ini pun terbagi atas dua hal, yakni informasi internal dan eksternal. Untuk mendapatkan informasi internal, cukup Anda melakukan refleksi diri secara mendalam. Tanyalah diri sendiri dengan pertanyaan kritis, seperti, mau jadi apa saya ini, Apa yang akan saya lakukan 5 tahun mendatang, bahkan 10 atau 20 tahun mendatang?.

Sudah tentu dari refleksi diri inilah Anda akan menemukan daftar panjang yang berisi harapan dan keinginan serta kebutuhan Anda. Refleksi diri dapat dilakukan kapan saja Anda punya waktu, namun jangan lupa untuk mencatat harapan yang bisa membuat Anda unik dari yang lain. Lalu, lakukan pencarian informasi eksternal, petualangan baru mencari kerja. Buka mata buka telinga. Informasi lowongan kerja bisa Anda dapat lewat internet, sudah banyak content provider yang menyediakan informasi lowongan kerja yang dapat Anda sesuaikan pencariannya dengan hobi dan ketertarikan Anda. 

Anda hanya perlu meng-click ‘search job’ atau ‘career’ di beberapa portal. Dalam beberapa detik, Anda sudah mendapat daftar panjang lowongan-lowongan yang tersedia. Latih kejelian mata Anda dalam membaca koran ataupun majalah. Biasanya koran mempunyai rubrik khusus lowongan dan iklan-iklan lowongan yang dipasang oleh perusahaan yang membutuhkan. Dan majalah cenderung agak jarang mencantumkan iklan lowongan kerja.
Yang mengasyikkan adalah saat Anda melakukan Walk In Interview. Itu adalah tantangan bagi Anda ‘menjual diri’ dan membuat sang pewawancara terkesan dengan Anda. Paling tidak kesempatan Anda akan lebih besar jika Anda mampu memberi kesan yang baik.
Persiapkan diri Anda sebelum melakukan walk in interview. Paling tidak dalam benak Anda sudah tersusun rapih kalimat yang akan Anda jawab saat si pewawancara menanyakan sesuatu hal. Terlebih lagi bila saat Anda tiba di tempat, Anda menemukan begitu panjang antrian orang-orang yang juga melakukan walk in interview.
Tahan diri Anda, pikirkan kira-kira perusahaan apa dan bergerak dibidang apa yang Anda tunggu giliran interviewnya? Jika Anda ragu, sebaiknya batalkan niat Anda untuk melakukan interview. Cari waktu yang tepat dimana Anda sudah siap lahir batin.
Ya, kalau diterima, Anda patut bersyukur, dan bila tidak diterima, anggap saja ini merupakan bagian kecil dari petualangan Anda! Toh kerja tidak hanya harus pada perusahaan, Anda pun bisa bekerja sendiri di rumah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
hiburan digital © 2010 | Designed by Wordpresstoblogger.info