Cara Mengenal Potensi Diri

Label:

E.k.s.t.r.o.s.p.e.k.s.i – D.i.r.i.
Pada tahap ini, Anda membuat daftar pertanyaan mengenai faktor-faktor eksternal yang menyangkut pekerjaan Anda, hal yang dapat mengukur tingkat kepuasan Anda pada profesi tersebut. Apakah gaji memadai? Artinya, setelah membayar semua kebutuhan, apakah masih ada jumlah yang tersisih untuk pengeluaran hiburan di akhir pekan? Apakah Anda mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan? Bagaimana dengan uang transportasi dan uang makan? Hal-hal seperti ini erat berkaitan dengan apresiasi perusahaan terhadap Anda dan perlu dipertimbangkan.


I.n.t.r.o.s.p.e.k.s.i – D.i.r.i.
Setelah mempertimbangkan faktor-faktor eksternal tadi, Anda juga perlu merenungkan sifat dari profesi Anda itu sendiri. Apakah pekerjaan yang Anda tekuni sesuai dengan bidang Anda? Apakah sesuai dengan pribadi Anda? Uang dan tunjangan materi lainnya memang penting, tetapi pada jangka panjang, faktor-faktor tersebut seringkali tidak berpengaruh pada tingkat kepuasan Anda. Banyak diantara wanita lain memilih pekerjaan yang dari segi gaji kurang menjamin, tetapi mereka tetap menekuninya karena mendapatkan kepuasan batin. Kecuali bila terdesak keadaan keuangan, pada jangka panjang, pilihan profesi biasanya jatuh pada bidang yang Anda minati.
Jalin Hubungan dengan ‘Headhunter’
Dengan menjalin hubungan dengan headhunter, bukan berarti Anda hendak hengkang ke perusahaan lain. Perusahaan headhunter tak hanya sanggup menghubungkan Anda dengan calon perusahaan yang mempekerjakan Anda, tetapi ia juga sanggup memberikan informasi yang sulit Anda dapatkan dari sumber lain, misalnya data mengenai permintaan jenis pekerjaan, jumlah lowongan yang tersedia (“sentimen pasar” terhadap bidang yang Anda geluti) dan juga standar gaji, bonus dan fasilitas lain yang dapat Anda harapkan dari pekerjaan dari secara umum.

Tingkatkan Ketrampilan
Pengetahuan tak ada habisnya untuk digali. Cari tahu ketrampilan praktis apa saja yang dapat Anda kembangkan sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda tekuni saat ini dan mulailah mengembangkannya. Misalnya, apabila Anda seorang desain grafis, saat ini banyak sekali lowongan tersedia di bidang internet. Tidak hanya situs internet yang membutuhkan tenaga artistik, usaha lain yang membutuhkan promosi visual juga membutuhkannya. Dan apabila bakat seni Anda dapat diperkaya dengan mengerti beragam program, maka Anda akan memiliki nilai tambah. Dengan nilai tambah tadi, nilai Anda sebagai tenaga kerja pun, bertambah.

Eratkan Hubungan Pertemanan
Suka tidak suka, banyak kesempatan emas datang dari rekan atau teman Anda sendiri. Melalui informasi mulut ke mulut, ditunjang dengan kemampuan dan kualifikasi tentunya, follow-up biasanya lebih cepat dan langsung. Apalagi dalam etiket pergaulan secara umum, nilai praktis dan kepercayaan sangat dijunjung tinggi. Mengapa harus meneliti resume secara mendetail, bila solusinya di depan mata? Kesimpulan dari nomor 5 ini adalah bahwa tidak ada salahnya sama sekali membina hubungan yang baik dengan orang-orang di sekeliling Anda, karena bila mereka mengerti taraf kemampuan Anda, Anda adalah manusia pertama yang mereka pikirkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
hiburan digital © 2010 | Designed by Wordpresstoblogger.info